Jumat, 05 Desember 2008

Kehidupan Yang Terangkat

KEHIDUPAN YANG TERANGKAT
Judul novel : Querrypita.
Pengarang : Primadona Angela.
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tahun Terbit : 2007
Tempat Terbit : Jakarta.
Tebal : 208 halaman.

Primadona Angela adalah seorang penulis yang produktif, terutama sejak dia mengenal berbagai buku Enid Blyton dan Agatha Christie. Ciri khas karya-karyanya banyak mengusung kehidupan sehari-hari dalam cerita yang menyentuh.
Querry Pita adalah bukunya yang kesepuluh setelah karya-karyanya, yaitu : DJ & JD, Quarter Life Dilema, Resep Cinta, Big Brother Complek dan lainnya. Novel ini sangat menarik karena beberapa kisah yang dutuangkan terinspirasi dari kisah nyata- kisah kedua orang tuanya tercinta-. Gaya bahasa dan sudut pandang yang diambil mudah dipahami para pembaca. Novel ini dikerjakan denagn ketrampilan bercerita yang sangat baik, buktinya Donna-panggilan akrab Primadonna Angela- mampu menambahkan banyak eleman modern dalam kisahnya kali ini meskipun mengambil beberapa kisah nyata kedua orang tuanya.


Novel ini mengisahkan tentang seorang gadis yang berlagak kuat dan dewasa dalam menghadapi masalah keluarganya. Padahal fakta yang ada berbalik 180 derajat. Dialah yang membutuhkan keluarganya, dia takut keluarganya jauh darinya. Banyak ceria menarik yang ditampilkan dalam novel ini, seperti konflik yang biasanya muncul dalam diri remaja yang ingin bebas dari bayang-bayang orang tua dan hubungan kasih sayang yang menunjukkan seberapa besar arti kehidupan itu.
Donna mengawali ceritanya dari harapan Pita yang ingin hidup berkecukupan. Bisa terus menyanyi dan main gitar bass di bandnya serta membantu ekonomi keluarganya. Sementara itu tokoh lain, Query berharap dirinya miskin dengan demikian dia bisa bebas main biola dengan bandnya. Dapat hidup mandiri, bebas dari kekangan orang tuanya.
Perwatakan yang digunakan sangat kuat mencerminkan pribadi yang punya kemauan kuat untuk menggapai setiap harapannya. Sang tokoh punya mimpi besar dalam hidupnya.
Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama pelaku utama. Tokoh Query dan Pita menempatkan diri mereka dalam setiap cerita secara beruntun. Donna mampu membuat alur yang ada menjadi lebih menarik.
Cerita yang diangkat Donna begitu sederhana. Menceritakan tentang seberapa besar arti keluarga itu. Tetapi dengan kesederhanaan itu Query Pita menjadi lebih menarik.Ceritanya begitu mengalir dan pembaca mudah masuk dan ikut serta dalam cerita.
Bagian yang menarik dari novel ini terjadi saat konflik mulai memuncak. Terjadi ketegangan antar tokoh yang ada. Dan secara mendadak kesadaran akan akibatnya muncul. Sungguh menarik. Konflik apakah itu ?
Meskipun banyak dari bagian novel ini yang menarik, namun keretakanpun pasti ada. Tokoh utama -Query dan Pita- mempunyai sudut pandang perorangan sendiri-sendiri, sehingga pembaca harus berkonsentrasi penuh. Namun kekurangan itu dapat ditutupi dengan kemenarikan dari cerita yang diangkat penulis.
Novel ini sangat menarik, sehingga tidaklah berlebihan jika novel ini disebut novel bermutu. Saya menyarankan kepada anda untuk membaca novel ini. Menghayati setiap isinya dan mengambil hikmah yang ada.

Tidak ada komentar: